Kumpulan Aneka Puisi, Pantun, dan Cerpen Asik 2015

Pengertian Paragraf Deduktif, Induktif, Dan Campuran

Paragraf merupakan bagian dari karangan.yang membentuk satu kesatuan pokok pembahasan.Sebuah paragraf dapat dibedakan maenjadi paragraf deduktif dan paragraf induktif.

MENULIS PARAGRAF



A.    Pengertian
Paragraf adalah rangkaian kalimat yang saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan pokok pembahasan. Dengan demikian, paragraph meruoakan satuan bahasa yang lebih besar daripada kalimat. Namun, paragraph juga masih merupakan bagian dari satuan bahasa lainnya, yang disebut wacana. Satu wacana umumnya dibentuk lebih dari satu paragraph.
B.     Unsur – unsur paragraf
Berikut ini adalah beberapa unsur paragraf yang perlu diketahui:
1.      Gagasan utama dan gagasan penjelas
Secara umum, paragraf dibentuk oleh dua unsur, yakni gagasan utama dan beberapa gagasan penjelas. Gagasan utama merupakan gagasan yang menjadi dasar pengembangan suatu paragraf. Dengan demikian , fungsinya sebagai pokok, patokan, atau dasar acuan suatu paragraf. Sementara itu, gagasan penjelasan merupakan gagasan yang berfungsi menjelaskan suatu gagasan utama. Penjelasannya itu bisa dalam bentuk  uraian-uraian kecil, contoh-contoh atau ilustrasi, kutipan-kutipan.
2.      Kalimat utama dan kalimat penjelas
Kalimat utama merupakan kalimat yang menjadi tempat dirumuskannya gagasan utama. Letaknya bisa diawal ataupun di akhir paragraf. Adapula kalimat utama yang berada di awal dan di akhir paragraf. Walupun terdapat pada dua kalimat, tidak berarti paragraf itu memiliki dua gagasan utama. Gagasan utama paragraf itu tetap satu. Adapun kedua kaliamat utama itu keberadaanya hanya saling menegaskan, kalimat pertama menegaskan kalimat terakhir ataupun sebaliknya.

C.    Jenis – jenis paragraf
Berdasarkan letak gagasan utamanya, paragraf terbagi ke dalam beberapa jenis, yakni sebagai berikut.
1.      Paragraf deduktif
Paragraf deduktif adalah paragraph yang gagasan utamanya terletak diawal paragraf. Gagasan utama atau pokok persoalan paragraf itu dinyatakan dalam kalimat pertama. Kemudian disusul oleh penjelasan-penjelasan terperinci terhadap gagasn utama.
Contoh paragraf deduktif:
Karyawan-karyawan di suatu kantor tidak dapat bekerja dengan tenang karena kepala kantornya bersikap keras dan kaku. Sering kali dia bersikap seakan-akan dia sendiri yang paling benar. Semua kehendaknya harus diikuti akibatnya suasana kerja di kantor itu sama sekali tidak menyenangkan.
Yang bercetak tebal di atas merupakan gagasan utama yang disebut paragraf deduktif.

2.      Paragraf induktif
Paragraf iduktif adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak diakhir paragraf. Mula-mula dikemukakan fakta-fakta ataupun uraian-uraian.
Contoh paragraf induktif:
Karyawan-karyawan di suatu kantor tidak dapat bekerja dengan tenang karena kepala kantornya bersikap keras dan kaku. Sering kali dia bersikap seakan-akan dia sendiri yang paling benar. Semua kehendaknya harus diikuti akibatnya suasana kerja di kantor itu sama sekali tidak menyenangkan.
Yang bercetak tebal di atas merupakan gagasan penjelas atau disebut paragraf induktif. 

3.  Paragraf campuran (deduktif – induktif )
Paragraf campuran adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak pada kalimat pertama dan kalimat terakhir. Dalam paragraf ini terdapat dua kalimat utama. Kalimat terakhir umumnya mengulangi gagasan yang dinyatakan kalimat pertama.
Contoh paragraf campuran:
Saya berkeyakinan kalau Indonesia memfokuskan diri pada sektor agrobisnis, tidak ada Negara lain yang mampu menandingi kita. Agar reformasi tersebut dapat terjadi, yang over valued harus dihindari. Memang, krisis ekonomi yang sedang berlangsung telah mengeroksi nilai tukar kita. Dalam hal ini, pemerintah tidak perlu memaksa rupiah menguat, tetapi biarkan mekanisme pasar menemukan keseimbangannya. Yang perlu dilakukan adalah menyesuaikan diri terhadap nilai tukat yang ada dengan mendorong industri-industri yang mampu survive pada nilai tukar yang ada, yakni sector agrobisnis. Bagi sektor argobisnis, semakin melemah asal stabil, akan semakin baik. 
Yang bercetak tebal pada kalimat pertama merupakan paragraf deduktif, sedangkan yang becetak tebal dibagian akhir paragraf merupakan paragraf induktif.





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Paragraf Deduktif, Induktif, Dan Campuran

2 komentar:

  1. hay.. nama saya try., salam kenal..,
    makasih sudah berbagi ilmu yang bermanfaat.. pasti sangat membantu teman-teman dalam mencari bahan referensi untuk mengerjakan tugas..

    Oh ia., saya juga punya pembahasan mengenai Paragraf. kalau ada waktu jangan lupa mampir baca Tugas Bahasa Indonesia 'Paragraf Deduktif & Induktif' dan Tugas Bahasa Indonesia 'Paragraf Argumentasi'. siapa tahu bisa bermanfaat..

    BalasHapus
  2. berati jenis paragraf cuma ada tiga kak ya ? deduktif, induktif, dan campuran kak ? kalo cara pakainya gmna kak ?

    BalasHapus